The Lovely Bones (Movie Review)





Sutradara     : Peter Jackson
Pemain         : Mark Wahlberg, Rachel Weisz, Susan Sarandon, Stanley Tucci, Michael Imperioli, Saoirse Ronan
Tahun            : 2009

Books and movies, those are my medication and consolation. So this writing is just for reminder about the movies I have watched. Not only the recent movies, but I usually watched movies were released years ago.

Film ini menceritakan tentang kisah Susie Salmon (Saoirse Ronan) yang dibunuh pada saat ia berusia 14 tahun. Susie Salmon adalah remaja yang ceria dan cantik, itulah mungkin salah satu alasan Mr George Harvey (Stanley Tucci) membunuhnya.

Mr Harvey adalah tetangga keluarga Salmon yang rumahnya hanya berjarak beberapa meter. Entah apa alasan Harvey menghabisi nyawa Susie setelah menjebaknya di ladang jagung. Ia memiliki kecenderungan psikopat. Karena terbukti ia tidak hanya membunuh Susie, tapi banyak nyawa yang telah melayang, dan semuanya perempuan.

Cerita film ini diadaptasi dari novel karya Alice Sebold dengan judul yang sama. Pembunuhan Susie membuat keluarganya sangat kehilangan. Hubungan Jack Salmon (Mark Wahlberg) dan Abigail Salmon (Rachel Weisz), orang tua Susie sempat merenggang. Bahkan ibunya sempat pergi selama beberapa waktu, bekerja di luar kota untuk menghibur dirinya atas kehilangan Susie.

Awalnya tidak ada yang tahu siapa yang membunuh Susie. Tuduhan tidak pernah mengarah kepada Mr Harvey. Tapi sepintar-pintarnya kejahatan ditutupi, akan tercium juga. Hal itu dimulai dari kecurigaan adik Susie, Lindsay (Rose McIver). Lindsey berusaha membuktikan kecurigaannya bahwa pembunuh kakaknya adalah Harvey. Berhasilkah Lindsey mencari bukti?

Dalam film ini, Susie Salmon mengisahkan sendiri tentang hidupnya dan sampai pembunuhannya yang disebutkan terjadi pada 16 Desember 1973. Ia memang telah mati, tapi rohnya masih mengambang di suatu tempat bersama para korban lainnya karena jasadnya belum dikuburkan. Jasadnya ternyata disimpan dalam sebuah brankas oleh Harvey dan kemudian untuk menghilangkan jejak dibawa ke tempat penimbunan barang.

Pelajaran dari film ini, bahwa kejahatan akan menjemput balasannya sendiri. Sepandai apapun disembunyikan.

Comments