Goliyon Ki Rasleela Ram-Leela



Sutradara     : Sanjay Leela Bhansali
Pemain         : Ranveer Singh, Deepika Padukone, Supriya Pathak Kapoor, Richa Chadda
Tahun            : 2013

“Jiwa tak pernah bisa dibelah dengan senjata apa pun. Selain itu juga tak bisa terbakar oleh api. Atau dibasahi oleh air.”
(Dhankoor Baa)

“Bahkan laut yg tenggelam dalam kebanggaan tak mengetahui kalau suatu hari nanti akan menjadi gurun tandus, jika laut itu tidak bisa mempertahankan kebanggaan maka apa bedanya kami dengan mereka”
(Ram)


Film ini diadaptasi dari kisah Romeo dan Juliet karya William Shakespeare yang mana mengisahkan percintaan Ram (Ranveer Singh) dan Leela (Deepika Padukone) yang berasal dari klan yang berbeda. Selama lima ratus tahun, klan Sanera dan Rajadi bermusuhan. Akibat permusuhan itu, banyak terjadi pertumpahan darah, bisnis menjadi terhambat, masyarakat kehilangan pendapatan dan juga kehidupan.



Ram berasal dari klan Rajadi dan Leela dari klan Sanera yang dipimpin ibunya, Dhankoor Baa (Supriya Pathak Kapoor). Pimpinan Sanera yang seorang perempuan ini disebut Hujoor. Puncak permusuhan berawal dari saling bunuhnya saudara laki-laki Ram, Meghji (Abhimanyu Singh) dan saudara laki-laki Leela, Kanji (Sherad Kelkar) yang berujung pada balas dendam. Ram sebenarnya tidak ingin ada pembalasan dendam, tapi setelah kakak iparnya, Kesar (Bharka Bisht Sengupta) dilecehkan sekawanan laki-laki dari klan Sanera, ia marah. Dimana sebelumnya kakak ipar Leela, Rasila (Richa Chadda) juga mendapat perlakuan serupa dari sekawanan lelaki dari Rajadi saat datang mencari Ram.

“Jika kita mengorbankan balas dendam, maka gurun tandus akan memekarkan bunga”
(Ram)

Jika kemarahan dan balas dendam bisa merubah lautan menjadi gurun tandus, maka cinta sejati juga bisa membuat bunga mekar di sini.



Akibat permusuhan selama ratusan tahun ini, cinta Ram dan Leela tak bisa bersatu. Akhirnya mereka mengorbankan diri mereka dengan saling menembak. Dua klan pun bersatu yang ditandai dengan upacara Dassera, perayaan membakar patung iblis Rahwana. Untuk pertama kalinya dalam lima ratus tahun,  Rajadi dan Sanera merayakan Dassera bersama-sama. Setelah itu Ram dan Leela dimakamkan bersamaan. 

Disebutkan di akhir cerita bahwa tembakan terakhir Ram-Leela yang diletuskan dengan penuh kasih sayang bergema di semua wilayah Ranjaar, dan sejak saat itu tak pernah ada baku tembak. Tak ada lagi rumah yang dibakar, hanya lampu yang menyala. 





Comments